Angsana Beach Clean Up (30-31 Maret 2014)



poster by @KHR_besar

Angsana beberapa tahun Lalu
photo by: Diyank Athie (09 Maret 2014)
"ANGSANA BEACH CLEAN UP"
Selamatkan Pantai Angsana!

Ada Apa Dengan Angsana..? 

Seperti yang kita ketahui bersama, Pantai Angsana menjadi salah satu primadona destinasi wisata Kalimantan Selatan dewasa ini, pantai yang terletak di desa Angsana, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu dan berjarak kurang lebih 5 jam perjalanan darat dari Banjarmasin ini menawarkan keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan destinasi wisata di daerah lain, terumbu karang, berbagai macam spesies ikan termasuk ikan "Nemo" juga dapat kita temui di Angsana.

photo by : Galuh Isna
Sayangnya, pemandangan indah ini terganggu dengan banyaknya sampah yang berserakan di sekitar pantai Angsana, seperti foto paling atas, bisa kita lihat perbedaannya khan ?

Yuk teman-teman di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, siapapun anda, mari bergabung dalam kegiatan bersih-bersih pantai Angsana, Kab. Tanah Bumbu, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, juga untuk menyelamatkan salah satu aset pariwisata Kalimantan Selatan. Mulailah dari langkah kecil untuk melakukan perubahan memberi manfaat bagi sekitar.

Selain mengurangi keindahan pemandangan, sampah-sampah yang berserakan itu jika air pasang juga akan terbawa ke laut. Dan itu artinya akan mencemari ekosistem laut di sekitar Angsana yang dihuni berbagai spesies ikan dan terumbu karang. 

Kapan..?

30-31 Maret 2014. (Meeting Point 30 Maret 2014 di depan Pom Bensin Angsana, Kab. Tanah Bumbu, Pkl. 13.00 wita).
Gambaran kegiatannya sendiri selain melakukan kegiatan bersih-bersih pantai, peserta juga akan diberikan pengetahuan seputar terumbu karang dan manfaatnya (ada sesi tanya jawab), snorkeling (optional), dll. Tentunya menambah teman, atau ketemu jodoh mungkin?hihi..

Itinerary:

30 Maret 2014

- 07.00 : yang mau join transport (sharing cost/patungan) kumpul di depan RS.Ulin Banjarmasin.
  *Bagi yang mau touring atau pakai transportasi sendiri bisa langsung menuju tempat meeting point di Pom Bensin Angsana).

-13.00 : semua peserta sudah berkumpul di depan Pom Bensin Angsana untuk bersama-sama menuju pantai Angsana.

-14.00 : briefing dan makan siang bersama.

-15.00-17.00 : kegiatan bersih-bersih pantai dan penggalangan tanda tangan massal dari semua partisipan sebagai komitmen untuk menjaga lingkungan.

-17.30 : istirahat

-19.00 - selesai : makan malam bersama, penyuluhan seputar terumbu karang (sesi tanya jawab), games dan pengenalan peserta.

31 Maret 2014

- 07.00 : sarapan pagi
- 08.00 : snorkeling (optional), acara bebas
- 11.00 : makan siang bersama
- 12.30 : acara selesai, kembali ke rumah masing-masing.

catatan:
- untuk kegiatan tanggal 30 Maret semua peserta diwajibkan memakai baju berwarna merah (tidak ada hubungannya dengan kampanye parpol).

- peserta diwajibkan membayar Rp.60.000,-/orang untuk makan yang tercantum di itinerary (4 kali) dan atribut kegiatan.

- biaya Rp. 60.000,- tersebut di atas belum termasuk biaya transportasi, biaya transportasi dari Banjarmasin dan kegiatan snorkeling diberlakukan sistem sharing cost/patungan (bagi yang berminat).

- berhubung rumah warga yang biasa dijadikan penginapan sudah full booked, maka peserta bermalam di posko pemuda sahabat laut/pendopo, boleh bawa tenda, sleeping bag, matras, dan hal lain yang dirasa perlu.

- kegiatan ini terbuka untuk komunitas dan umum.

- berhubung perencanaannya mendadak, untuk sementara kegiatan ini belum ada sponsor dari pihak manapun (harap dimaklumi ya teman-teman kalau semua biaya murni sharing cost kita bersama)

Informasi dan pendaftaran:

Alfian: 0878-1694-8345 (twitter @al_sky )
Maria: 0878-1500-7899 (twitter @MiaMariaU )

kontak via twitter: @visitkalsel 

under waternya oke, pesisir pantainya juga harus oke, setuju?


*note:
- Panitia siap menerima support fresh money, barang, merchandise dll dari donatur/sponsor manapun yang bersedia mendukung aksi ini, fresh money akan dialokasikan untuk transportasi, makan, dan keperluan lain untuk peserta. Untuk lebih lanjut bisa menghubungi CP di atas.

- PENDAFTARAN PESERTA YANG JOIN TRANSPORT (SHARING COST) DITUTUP TANGGAL 25 MARET 2014 Pkl. 23.59 Wita (Pembayaran Tgl 26 Maret 2014)

- PENDAFTARAN PESERTA YANG MENGGUNAKAN TRANSPORT SENDIRI DITUTUP TANGGAL 28 MARET 2014 

*UPDATE PER 25 MARET 2014*

- Dress Code baju berwarna merah (diusahakan), kesamaan warna agar memudahkan panitia mengenali peserta, tapi kalau ngga punya sama sekali juga ngga papa.

- Peserta yang join transport Meeting Point-nya di depan RSUD Ulin Banjarmasin, Pkl. 07.00 Wita, mohon untuk tidak terlambat, agar bisa tepat waktu sampai di SPBU Angsana yang dijadikan Meeting Point seluruh peserta, sebelum bersama-sama menuju Pantai Angsana.

-  Yang menggunakan transport sendiri, kembali diingatkan, Meeting Point di SPBU Angsana tgl 30 Maret 2014 Pkl. 13.00 Wita

- Biaya Rp. 60.000,- / orang yang tersebut di atas, untuk konsumsi sebanyak 4 kali, kalau ada peserta yang ingin membawa logistik sendiri atau ingin beli di warung saja juga kami persilakan.


- Berhubung peserta menginap di posko/pendopo terbuka dan lesehan, maka masing-masing peserta dihimbau membawa perlengkapan kenyamanannya tidur seperti matras, sleeping bag, selimut, bantal tiup, dll

 - Obat-obatan pribadi, lotion anti nyamuk, pembalut (buat cewek), obat merah (betadine), plester luka, dll

- Perlengkapan Mandi

- Perlengkapan Ibadah 

- Senter / lampu emergency (kalau ada)

- Tenda, Terpal (kalau ada)

- Alat snorkeling pribadi (kalau ada) 

- Peserta yang ikutan join transport dan konsumsi bareng panitia, bayarnya melalui rekening yang bisa anda tanyakan ke CP yang ada.

- Total biaya Transport + Konsumsi bisa ditanyakan ke CP yang ada.

- Pembayaran biaya transport + konsumsi pada tanggal 26 Maret 2014

- Pembayaran biaya konsumsi bagi peserta yang menggunakan transport sendiri bisa dilakukan pada tanggal 28 Maret 2014. 

- Bagi peserta yang transfer harap konfirmasi ke nomer 0878 1694 8345, sebutkan Nama Lengkap, Usia, Nomer Telp

-  Harap bukti transfernya disimpan untuk verifikasi

- Bagi yang menggunakan SMS Banking, report transfer harap dicapture kemudian kirimkan via email: al.skyradio@yahoo.co.id dengan Subject "Bukti Transfer Angsana Beach Clean Up", cantumkan Nama Lengkap, Usia, Nomer Telp atau via Whatsapp ke nomer 0878 1694 8345

 - Hal-hal yang belum jelas, bisa langsung ditanyakan ke CP yang ada.

Informasi dan pendaftaran:

Alfian: 0878-1694-8345 (twitter @al_sky )
Maria: 0878-1500-7899 (twitter @MiaMariaU )

kontak via twitter: @visitkalsel
 

0 komentar