Berbagai Macam Makanan Favorite Orang Banua

Ke Kalimantan Selatan belum lengkap rasanya  klo belum makan soto Banjar, tapi selain  soto Banjar masih banyak makanan khas kalsel yang harus dicoba, karna makanan ini tidak ditemui di tempat lain. selain itu makanan ini juga menjadi menu favorit orang kalsel karna rasanya yang sangat menggugah selera.

PAKASAM
pakasam adalah lauk yang sangat populer dikalangan masyarakat kalsel. Biasanya disajikan ketika sarapan. Pakasam dibuat dari ikan (sapat, haruan, papuyu, dll) yang dipermentasi menggunakan beras yang disangrai lalu ditumbuk. hasil dari tumbukan beras itu disebut samu. cara membuatnya ikan yang sudah dibersihkan dicampur dengan samu lalu didiamkan selama beberapa hari. cara memasaknya cukup digoreng menggunakan minyak dan ditambah pelengkap seperti bawang merah dan cabe. semakin lama didiamkan/disimpan maka rasanya semakin asam.

pakasam yang lama disimpan biasanya hancur ketika masak

IWAK SAMU
iwak atau ikan samu hampir sama dengan pakasam tetapi iwak samu bisa langsung dimasak tanpa melalui permentasi sehingga rasanya tidak asam

samu Barabai (foto dari @Ghina_hayati)

MANDAI
Mandai juga lauk yang sangat disukai warga kalsel. mandai terbuat dari daging kulit cempedak atau nangka yang dipermentasi menggunakan garam. klo disimpan di kulkas manday bisa bertahan sampai 1 tahun. cara memasak mandai, daging cempedak atau nangka yg sudah dipermentasi digoreng menggunakan minyak sampai kering. agar rasanya lebih nikmat mandai yg sdh masak digoreng kembali dengan campuran bumbu bawang putih, garam, gula, dan cabe yang sudah dihaluskan. rasanya dijamin nyaman banar!

mandai tiwadak

WADI
lauk yang satu ini banyak ditemui di hulu sungai seperti alabio dan negara. biasanya ikan yang dipakai untuk membuat wadi adalah papuyu. Ikan yang sudah d bersihkan disimpan beberapa hari menggunakan garam. untuk memasaknya ikan yang sudah disimpan dibersihkan dari garam lalu digoreng, bisa juga ditampah dengan irisan bawang dan cabe. Agar lebih nikmat ketika memakannya, biasanya iwak wadi ditemani dng kecap yang dicampur dngan irisan bawang merah, cabe dan sedikit perasan jeruk purut. garam dari ikan wadi masih bisa digunakan, yaitu untuk menemani rujak. garam yang sudah dibersikan di sangrai sampai kering dan ditambah serai agar amis dari ikan hilang.

uyah wadi dan buah ramania

JARUK TARAP
Tarap adalah muah yang mirip dengan cempedak tapi bentuk buahnya lebih kecil dan bulat. kulitnya berbulu mirip durian, sedangkan isi buahnya klo masak berwarna putih dan manis. jaruk tarap tarap banyak dijumpai di Hulu sungai Selatan. untuk membuat jaruk tarap yang digunakan adalah buah yang masih mentah. karna bentuknya kecil jadi buah yang sudah dibersih dari kulitnya cukup dibelah empat lalu direndam di air garam selama beberapa hari. cara memasaknya tarap yang sudah direndam lalu dibersihkan dan digoreng. sama seperti wadi, untuk lebih nikmat biasanya lauk yang satu ini menggunakan pelengkap kecap yang dicampur irisan bawang merah, cabe rawit dan perasan jeruk purut.

Buah Tarap yang sudah masak

JARUK KALANGKALA
Kalangkala atau kangkala adalah buah yang sekarang mulai susah dan jarang ditemui. buah kalangkala biasanya disantap untuk pendamping lauk. buah ini cukup direndam di air panas yang ditambah sedikit garam. tidak semua orang suka dengan jaruk kalangkala karna rasanya yang agak asam dan belenyek. tapi bagi yang suku 10 biji jaruk kalangkala rasanya tak cukup dan juga jaruk kalangkala bisa menjadi penambah semangat makan.

paling pas disantap ketika makan siang

buah kalangkala yang belum direndam di air panas

IWAK KARING MASAK ASAM
iwak karing atau ikan asin sangat disukai warga kalsel. biasanya menggunakan pelengkap air panas yang dicampur sedikit asam jawa atau irisan mangga hampalam yg hampi mateng, irisan bawang merah dan cabe rawit. orang kalsel suka sekali menyajikan lauk yang satu ini ketika sarapan. yang paling favorit biasanya ikan kering sapat/sepat dan telang. Tapi selain digoreng juga ada olahan lain dari ikan kering ini yaitu masak asam. ikan kering yang sdh digoreng dimasak lagi menggunakan air asam jawa, gula, garang dan bawang. untuk hasil maksimal biasanya dmasak sampai kering. lauk yang satu ini paling pas untuk bekal para travelers dan backpackers karna iwak karing masak asam mampu bertahan sampai satu minggu.

iwak karing telang masak asam

GARIH BATANAK
lauk  yang satu ini biasanya ditemui ketika ada hajatan atau acara selamatan tapi ada juga dibeberapa warung makan yang menjual garih batanak. garih dibuat dari ikan haruan (gabus) yang dikeringkan. ikan haruan yang digunakan biasanya berukuran besar. ikan haruan yang sudah kering dimasak menggunakan santan dan beberapa bumbu. garih batanak bisa juga ditambah telur rebus

garih batanak yang ada di salah satu warung di kota kandangan (foto by @fiz_hafizz)

KIJING BEGORENG
kijing adalah sejenis karang sungai, biasanya dimakan sebagai pendamping lamang

kijing dan lamang

PENCOK CUKA LAHANG
pencok (rujak) cuka lahang paling pas disantap siang hari. sama seperti rujak lain, pencok cuka lahang menggunakan berbagai macam buah. buah yang dpakai biasanya pisang mentah, timun, nanas, mangga hampalam setengah matang  dah buah lainnya. yang membedakan dari rujak yang lain, rujak yang satu ini menggunakan cuka lahang, yaitu cuka yang terbuat dari air batang aren yang sdh dipermentasi. agar tidak terlalu asam biasanya ditambah gula dan sedikit garam.


0 komentar