Festival Budaya Pasar Terapung 2010


BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pesta budaya Banjar bakal kembali menyapa warga banua. Dalam gelaran yang didukung sepenuhnya Banjarmasin Post Group itu, bakal menampilkan beragam budaya banjar seperti festival pasar terapung.

Dalam rapat persiapan kegiatan yang digelar di ruang rapat Haram Manyarah kompleks pemprov Kalsel, Selasa (6/7/2010), dipimpin langsung Asisten bidang pembangunan, Fitri Rifani.

Hadir dalam rapat tersebut, antara lain pemimpin umum BPost Group HG Rusdi Effendi AR, Kadiparsenibud Kalsel Bihman Mulyansyah, Kadisparsenibud kota Banjarmasin Hesly Junianto, perwakilan perbankan, Asita maupun para pelaku bisnis perhotelan.

Selain festival pasar terapung yang menjadi andalan utama, kegiatan yang bakal digelar 25 September di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman itu juga bakal dimeriahkan dengan kampung banjar serta sejumlah kegiatan dan permainan khas banua seperti bagasing.

"Semoga kegiatan tersebut akan menjadi daya tarik bagi wisatawan asing maupun domestik untuk berbondong-bondong ke Kalsel," kata Fitri Rifani.

Bagi dia, kegiatan yang sudah digelar sebelumnya termasuk yang diprakarsai BPost Group seperti festival perahu hias juga menjadi bagian dan penunjang kegiatan tersebut.

Kemudian, aneka makan dan wadai (kue has banjar) juga bakal menghiasi kampung banjar tersebut. Termasuk aneka kesenian seperti musik panting, mamanda juga bakal menghibur para warga.

Hal senada dikatakan HG Rusdi Effendi AR. Festival budaya tersebut harus benar-benar digarap secara serius, dengan harapan bisa mengangkat kesenian khas banua ini ke kancah nasional maupun luar negeri.

"Untuk bisa mewujudkan hal itu kuncinya harus serius biar kegiatannya sukses. Kalau hanya sekedar menggelar, lebih baik tidak dilaksanakan saja," tegasnya.

(choiruman)

0 komentar